Sabtu, 15 Februari 2020 | 09:58 Wita

Dosen UIM Dilantik jadi Kadis Pertanian Sulsel

Editor: Firman Lafiri

UIMsmart.News — Dosen luar biasa Fakultas Pertanian dan Pascasarjana Universitas Islam Makassar (UIM) Dr Ir Ardin Tjatjo MP dilantik menjadi Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sulsel.

Pelantikan oleh Gubernur Sulsel Prof Dr HA Nurdin Abdullah diwakili Sekda Abdul Hayat Gani di Ruang Kerja Sekda Kantor Gubernur, Jl Urip Soemoharjo, Makassar, Jumat malam (14/2/2020).

Sivitas akademika UIM menyambut antusias atas penetapan tersebut. “Tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi UIM. Selamat dan sukses buat pak Ardin atas amanah sebagai Kadis semoga ridho Allah senantiasa mengiringi dalam mengemban amanah,” ujar istri Wakil Gubernur dua periode 2008-2018 Agus Arifin Nu’mang itu.

Hal itu juga menjadi pencapai khusus bagi Fakultas Pertanian UIM. Karena Fakuktas Pertanian dan Fakultas Agama merupakan “fakultas legendaris” cikal bakal UIM.

Asisten Direktur II Pascasarjana UIM Dr. Ir Suardi Bakri, MP. juga mengungkapkan kontribusi Andi Ardin terhadap UIM sangat besar. “Pak Dr Ardin selama ini sangat membantu mengajar di S1 dan S2 khususnya Ilmu Hama dan Penyakit,” ujar Kepala Pusat Studi Pesisir dan Danau Tempe itu.

Menurut Suardi, Ardin juga aktif memberikan masukan-masukan pada setiap lokakarya kurikulum, akreditasi, serta membantu promosi dan pengembangan Fakultas Pertanian UIM dan Pascasarjana

Istri dari Ardin, Ir Sulfiana A Ardin MSk PhD juga merupakan sivitas akademika UIM. Sulfiana merupakan dosen DPK di UIM dan mantan Wakil Dekan II Fakultas Pertanian, juga pengurus DPW Muslimat NU.

Pelantikan Ardin dan kadis baru lainya digelar jelang tengah malam karena 2 pejabat akan masuk masa pensiun esok hari. Pelantikan dimulai sekitar pukul 21.55 Wita. Pelantikan diawali pembacaan lampiran Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor: 821.22/04/2020 Tanggal 31 Januari 2020 dan Surat Keputusan Nomor: 821.22/07/2010 Tanggal 14 Februari 2020.

Pejabat eselon II yang diambil sumpahnya dan dilantik oleh Abdul Hayat, selain Ardin yakni Abdul Malik Faisal sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Andi Parenrengi sebagai Kepala Dinas Kehutanan, serta Andi Irawan Bintang sebagai Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Andi Panrenrengi sebagai Kadis Kehutanan dan Abdul Malik Faisal sebagai Kadis Koperasi dan UMKM merupakan pejabat yang dikukuhkan kembali karena adanya peleburan organisasi perangkat daerah (OPD) pada dinas yang dipimpin. Sementara Andi Ardin Tjatjo sebagai Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan, serta Andi Irawan Bintang sebagai Kadis ESDM merupakan pejabat yang dilantik usai mengikuti proses lelang jabatan di Pemprov Sulsel.

Untuk diketahui, Pemprov Sulsel sebelumnya membuka lelang jabatan pejabat eselon II untuk 9 OPD. Dengan dilantiknya 2 pejabat hasil lelang malam ini, kini 7 penjabat hasil lelang yang belum dilantik. Ketujuh calon pejabat nama-namanya masih di tangan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

“Kita masih nunggu Pak Gub (untuk 7 pejabat hasil lelang),” ucap Abdul Hayat.■ fir


Tags:

BACA JUGA

SULSEL TODAY