Senin, 26 Oktober 2020 | 19:21 Wita

Rektor UIM Narasumber Seminar Parenting Nasional. Majdah Ungkap Karakter Islami Jaga Keharmonisan Keluarga

Editor: Firman Lafiri

UIMsmart.News — Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Dr Ir Hj A Majdah M Zain MSi tampil sebagai narasumber pada seminar parenting nasional, Senin (26/10/2020) siang tadi.

Seminar dalam rangka Dies Natalis Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin ke 55 itu mengangkat tema “Melawan Keretakan Bahtera Rumah Tangga Di Masa Covid 19”

Hadir pula sebagai narasumber dalam seminar kolaborasi UIN dan UIM itu dr Aisah Dahlan CHt (Pakar & Motivator Parenting), Dr H Das’ad Latif, MSi PhD (Dai Nasional) dan Prof H Hamdan Juhannis MA PhD (Rektor UIN Alauddin Makassar).

Majdah mengungkapkan karakter seorang muslim yang harus dikuatkan untuk menjaga keharmonisan keluarga.

Menurut Ketua PW Muslimat NU Sulsel itu ada yang tidak boleh berubah, yaitu Akhlak. “Akhlak suami terhadap istri, akhlak istri pada suami. Suami tetaplah Qawwam yang harus dihargai, istri tetaplah makmum yang harus dijaga,” tuturnya kepada 900an peserta seminar melalui Zoom itu.

Ia memastikan hal tersebut merupakan kunci agar keluarga muslim dapat saling menguatkan pada masa krisis pandemi. “Krisis ekonomi hanya sementara tapi ikatan kasih sayang antar keluarga teruslah selamanya,” tegasnya.

Hal lain yang juga harus dimiliki suami dan istri di saat masalah menimpa, lanjut Majdah, yakni kesabaran dan shalat sebagai penolong utama. 

“Qana’ah kunci utamanya, bersabar sebagai jurusnya, akhlak inti bersikapnya. Yakni tetap memposisikan suami sebagai Qawwam dan dukungan serta pengertian dari istri resepnya,” kunci istri Wakil Gubernur Sulsel dua periode Agus Arifin Numang itu.

Sementara Aisyah Dahlan membuka pemaparannya menegaskan bahwa untuk cegah keretakan rumah tangga maka suami dan istri harus selalu luruskan niat.

“Biasakan melafalkan ungkapan cinta kepada pasangan. Misalnya ‘Bismillahirrahmani rahim saya mencintai istri/suami ku karena Allah’. Lafal ini akan direspon oleh sistem syaraf yang menggetarkan qolbu dan mempengaruhi kelenjar pituiter sehingga menghasilkan hormin cinta dan bahagia diri dan pasangan,” urainya.

Senada dengan itu, Hamdan juga mengungkapkan sebuah riset bahwa membiasakan mengucapkan I love you kepada pasangan akan semakin merekatkan ikatan cinta dengan pasangan.

“Hal ini perlu saya utarakan karena di masyarakat Bugis Makassar tidak ada kebiasaan mengungkapkan cinta kepada pasangan. Hal ini sudah harus kita ubah dan membiasakannya,” urainya.■ fir



BACA JUGA

SULSEL TODAY